Seorang Warga Australia Menjadi Tersangka Pembunuh Polisi

Seorang Warga Australia Menjadi Tersangka Pembunuh Polisi

Seorang Warga Australia Menjadi Tersangka Pembunuh Polisi

Warga negara Inggris, David Adam Taylor dan warga negara Australia, Sarah Connor. Keduanya diduga sebagai pelaku pembunuhan anggota Device Lantas Polsek Kuta, Aipda Wayan Sudarsa di pantai Kuta, Rabu (17/8/2016). Sarah Connor, akhirnya ditetapkan sebagai tersangka, Sabtu (20/8/2016).

Naiknya position dari terduga menjadi tersangka pada Sarah ini, disampaikan kuasa hukumnya, Erwin Siregar. “Status Sarah kini menjadi tersangka,” kata Erwin. Bagaimana nasib David Adam Taylor (DJT), terduga yang juga ditangkap bersama Sarah? Erwin mengaku tidak mengetahuinya, sebab ia hanya mendampingi Sarah. “Kalau David kami awam. Kami hanya mendampingi Sarah,” tandasnya.

Sekedar diketahui, anggota Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Denpasar, yang bertugas di Polsek Kuta, yakni Aipda I Wayan Sudarsa, ditemukan tewas pada Rabu (17/8/2016) lalu. Saksi kunci, seorang petugas sekuriti Hotel Pullman Kuta, melihat korban tergeletak di pantai pukul 03.00 wita. Korban masih memakai seragam dinas, persis di seberang Hotel Pullman di Jalan Raya Pantai Kuta, Kabupaten Badung.

Dalam olah TKP pada Rabu (17/8/2016) pagi, tim dari Polda Bali, Polresta Denpasar dan Polsek Kuta mendapatkan sejumlah barang-bukti. Antara lain jaket parasut warna hitam yang diduga milik korban I Wayan Sudarsa, pecahan beberapa botol bir, sebuah tas tangan untuk wanita berwarna hitam yang terbuat dari kulit, 1 device sepeda engine Vario hitam milik korban, papan browsing on warna putih dalam keadaan rusak parah, serta 1 buah ponsel Nokia dan 1 HT milik korban.

Sebuah multimedia Australia mengungkapkan, dari tas tangan itulah penyelidikan mengarah kepada WN Australia itu. Dalam tas tangan tersebut ditemukan SIM (Surat Izin Mengemudi) milik seorang wanita, yang disebut berasal dari daerah Byron Bay, negara bagian New South Wales (NSW), Australia. Meskipun kedua WNA itu dicari-cari untuk dimintai keterangan lebih dulu karena belum tentu sebagai tersangka, namun kepolisian telah berkoordinasi untuk meminta pencegahan keluar dari Indonesia terhadap satu di antara WNA itu.

Foto Daftar Pencarian Orang (DPO) lalu disebar. Setelah masuk dalam daftar DPO, selama dua hari jajaran Polsek oleh, Polresta Denpasar dan Polda Bali, David Wayne Taylor (DJT), warga negara Inggris, dan Sara Connor (SC), warga negara Australia akhirnya menampakkan diri. Tidak di kantor polisi atau bandara, melainkan di Konsulat Jenderal (Konjen) Australia di Jalan Tantular, Renon, Denpasar.

Menurut Kapolda Bali, Irjen Pol Sugeng Priyanto, Sara mendatangi Konjen untuk meminta perlindungan. Ia tiba di Konjen Australia bersama dengan David sekitar pukul 15.00 Wita. Sesampainya di Konjen Australia, Sara kemudian masuk ke dalam Kantor Konjen Australia, sementara David berdiam diri di luar. Mendapati informasi bahwa dua orang WNA yang paling dicari datang ke Konjen, Tim Resmob Polresta Denpasar langsung meluncur ke Kantor Konjen Australia.






Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *