Debat, Sidang Ditunda Karena Jessica Mendadak Sakit

Debat, Sidang Ditunda Karena Jessica Mendadak Sakit
Debat, Sidang Ditunda Karena Jessica Mendadak Sakit

Jessica

Persidangan kasus pembunuhan terhadap Wayan Mirna Salihin sudah berlangsung 13 kali. Suara – Ketua tim pengacara terdakwa Jessica Kumala Wongso, Otto Hasibuan, menegaskan sakit yang dialami Jessica di tengah persidangan tadi bukan pura-pura agar bisa menunda plan mendengarkan kesaksian ahli toksikologi I Made Agus Gelgel Wirasuta.

“Dia bilang pusing. Dari tadi rupanya dia juga nyimpan perasaan. Dari tadi mungkin dia sudah rasain, tapi nggak ngomong,” kata Otto usai sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Kamis (18/8/2016). Otto mengatakan energi dan emosi Jessica banyak dikuras selama menjalani persidangan. Meski tertekan selama persidangan, Otto menilai mental kliennya kuat.

“Mungkin bagi kita tahan di sini. Tapi seorang terdakwa menghadapi seperti itu nggak mudah. Umurnya sudah 27 tahun, menghadapi tekanan berat begini kan nggak muda,” kata dia. Persidangan kasus pembunuhan terhadap Wayan Mirna Salihin sudah berlangsung 13 kali.

Otto menilai penurunan kondisi kesehatan Jessica juga karena kondisi Rutan Pondok Bambu yang kurang mendukung. “Kalian bayangkan, dipenjara dua kali dua kamarnya. Mungkin tidurnya di lantai,” kata Otto. Sebenarnya penundaan merugikan kliennya. Mereka harus mempersiapkan saksi-saksi untuk meringankan dakwaan apalagi.

“Kami kan repot juga kalau ditunda. Mepet juga. Kalau tunda juga repot,” kata dia. “Kami jadi rugi. Kan kami kurang lebih 15 orang. Enam kali sidang, dua atau tiga saksi per sidang. Tapi kami nggak banyak-banyak pertanyaannya,” Otto menambahkan.

Kemudian, baru memasuki tahap menghadirkan saksi untuk meringankan Jessica. Sebelum hakim menghentikan sidang, Kisworo meminta kuasa hukum Jessica dan jaksa untuk mengatur jadwal persidangan yang akan datang. Sebab, sept 2016 jadwal pemeriksaan saksi dari jaksa harus selesai paling lambat 1.

Kemudian, baru memasuki tahap menghadirkan saksi untuk meringankan Jessica. Putusan kasus pembunuhan rencananya berlangsung pada 21 Oktober 2016. November 2016 berkejaran dengan berakhirnya masa penahanan Jessica yang akan habis pada 3.

Pengacara Jessica, Otto Hasibuan, mengatakan akan menghadirkan 15 saksi untuk meringankan kliennya. Dalam persidangan tadi sempat terjadi adu argumen ketika Jessica mengaku sakit dan meminta majelis hakim menunda persidangan. Jaksa keberatan karena ahli toksikologi I Made Agus Gelgel belum selesai memberikan keterangan seutuhnya. I Made dihadirkan khusus dari Bali untuk hari ini.






Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *