Mobil Pintar Tanpa Sopir Besutan Google

664xauto-mobil-tanpa-supir-milik-google-ternyata-sering-ditabrak-pengemudi-lain-150607iAmawana.com – Menurut dokumen yang diperoleh The Guardian, anak perusahaan google yang bernama google auto ini telah dibentuk pada 2011 lalu. Dalam dokumen, Google Auto terdaftar sebagai produsen resmi 23 mobil Lexus yang dimodifikasi sehingga mampu berjalan otomatis tanpa kendali manusia. Di dalam perusahaan ini terdapat sejumlah karyawan yang terlibat dalam penelitian dan pengembangan mobil pintar.
Google sendiri sudah sejak lama mengembangkan teknologi mobil pintar tanpa sopir. Dari dokumen itu pula diketahui sedikit spesifikasi mobil pintar yang dikembangkan Google yang memakai penggerak roda belakang, memakai motor listrik hemat daya 20 sampai 30 kW. Sebagai pembanding, mobil pintar Tesla Motor smemakai motor sekitar 300 kW.
Selain Google, perusahaan teknologi lain seperti Apple, Uber, dan Baidu, diketahui juga sedang mengembangkan mobil pintar yang dapat mengemudi secara otomatis.Google sejak Juni lalu mulai menguji mobil tanpa sopir di jalan raya Mountain View, California, Amerika Serikat. Tetapi ini belum tentu membuat mobil yang mereka kembangkan untuk segera komersial.
Perusahaan teknologi ini secara langsung menantang perusahaan otomotif yang tak mau kalah mengembangkan mobil pintar tanpa kemudi.Tiga produsen mobil mewah Jerman, BMW, Audi, dan Mercedes-Benz, telah memperluas upaya mengembangkan mobil pintar dengan mengakuisisi peta digital Here milik Nokia pada Agustus ini senilai US$ 3 miliar atau setara Rp 427 triliun.(ind/am)






Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *