Saham Pemilik SM Boleh Saja Kecil, Namun Pendapatan Agensi Ini Naik 146% Lho

SM Entertainment

Amawana.com – Memang benar, nilai saham pemilik SM Entertainment masih kalah dengan nilai dari pemilik YG Entertainment. Namun jika dilihat secara pendapatan, rupanya agensi TVXQ ini melonjak drastis lho. Tak tanggung-tanggung, agensi ini cukup sukses dengan berhasil meraup peningkatan pendapatan mencapai 146%.

SM Entertainment

SM Entertainment

Berdasarkan data yang dirilis situs Chaebol, terkuak sebuah kenyataan yang menyebutkan jika pemilik YG Entertainment yakni Yang Hyun Suk memiliki  nilai saham mencapai 168 juta dolar AS atau sekitar 2,1 triliun rupiah. Sedangkan Lee Soo Man yang notabene adalah pemilik SM Entertainment memiliki nilai saham lebih sedikit, hanya sebesar 1,68 triliun rupiah. Daftar ini lah yang akhirnya membuat banyak kalangan menilai jika YG Entertainment memang yang terbaik di antara agensi artis lainnya.

Belum 2 minggu berselang, kini sebuah berita yang memembuat Lee Soo Man semakin bangga akan perusahaan yang dipimpinnya mencuat ke permukaan. Kabar tersebut menyebutkan jika pendapatan SM Entertainment melonjak drastis sebesar 146% di wilayah Tiongkok di tahun 2014. Sontak kenaikan ini membuat agensi yang menaungi banyak artis kenamaan Korea tersebut mengumpulkan pundi-pundi uang mencapai 287 milyar Won atau setara dengan 3,4 triliun rupiah.

Angka fantastis tersebut didapat dari hasil penjualan total SM Entertainment. Namun sayang, ketika banyak artis Tiongkok berhasil meraih puncak popularitas di Tiongkok, pendapatan SM di Jepang hanya mengalami kenaikan sebesar 15% saja.

Beberapa alasan pun terungkap atas minimnya kenaikan pendapatan di Jepang. Mulai dari nilai tukar Yen yang memang tengah turun, perubahan sistem manajemen, dan juga pembangunan gedung. Meski begitu, SM tetap berbahagia karena pendapatan mereka yang cukup fantastis di tahun 2014.






Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *