Main Menu

Karena Kebijakan Baru, iPhone Terancam Tak Bisa Masuk Indonesia

iPhone, Produk Apple

Amawana.com – Sebuah kebijakan baru mengenai ponsel pintar yang mendukung jaringan 4G akan segera dijalankan pemerintah Indonesia. Rencana serius pemerintah ini akan berimbas langsung kepada beberapa vendor penyumbang smartphone di pasar tanah air, salah satunya iPhone yang terancam tak bisa lagi menyebar perangkatnya ke Indonesia. Apa sebabnya?

Seperti diketahui, Indonesia memang merupakan salah satu target banyak produsen perangkat mobile yang cukup diminati. Bahkan, di tahun 2015 ini akan ada lebih dari 29 juta unit ponsel yang masuk ke pasar tanah air. Angka tersebut diprediksikan langsung oleh sebuah lembaga riset bernama IDC.

iPhone, Produk Apple

iPhone, Produk Apple

Namun, di antara banyak vendor, rupanya ada beberapa produsen yang terancam tak mendapat izin penjualan di Indonesia, termasuk Apple. Hal ini dikarenakan oleh kebijakan TKDN (Tingkat Kandungan lokal Dalam Negeri) yang telah disepakati 3 kementrian sekaligus, yakni Kementrian Komunikasi dan Informatika, Kementrian Perdagangan, dan Kementrian Perindustrian. Kebijakan tersebut berisi tentang kewajiban vendor untuk menghadirkan kandungan lokal minimal 40% untuk ponsel pintar yang telah mendukung jaringan 4G LTE.

[quote_box_center]”Saya dan pak Budi sudah duduk bersama dengan pak Rachmat Gobel (Mendag) dan pak M Saleh (Menperin)‎ agar sinkron soal aturan TKDN. Kalau kurang dari 40%, perdagangan nggak akan kasih izin. iPhone juga termasuk, mau nggak mau ‎Apple juga harus ikut, kalau nggak ya nggak kita izinin. Ini berlaku untuk semua vendor,” kata Menkominfo Rudiantara usai breakfast meeting di kantor Kominfo, Jakarta seperti dikutip dari CNN Indonesia pada Jumat (30/01/15).[/quote_box_center]

Kebijakan yang cukup ketat bagi para vendor dunia yang masih ingin menjadikan Indonesia sebagai salah satu target operasi berbagai produk berkoneksi 4G LTE milik mereka.






Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *