Main Menu

Tak Hanya Terbaik, Ternyata Ada Juga Penghargaan Film Terburuk

Penghargaan Film Terburuk

Amawana.com – Jika Golden Globe yang telah selesai digelar dan Academy Awards yang sebentar lagi akan terlaksana memberikan penghargaan bagi sineas perfilman sebagai yang terbaik, lain halnya dengan perhelatan ini. Ajang dengan nama Golden Raspberry Awards ini justru menasbihkan insan perfilman dunia sebagai yang terburuk.

Perhelatan yang biasa disebut juga dengan Razzie Awards sebenarnya diawali oleh aksi konyol seorang copywriter sekaligus publicist bernama John Wilson pada tahun 1980. Dan kini, penghargaan yang ia gagas tersebut justru menjadi satu fenomena unik setiap tahunnya di antara Golden Globe dan Academy Awards. Lebih uniknya lagi, Razzie Awards selalu digelar 1 hari sebelum Piala Oscar dibagikan bagi mereka yang terbaik.

Penghargaan Film Terburuk

Penghargaan Film Terburuk

Bagaimana dengan penjurian? Jika Golden Globe dan Academy Awards memiliki sejumlah juri handal yang merupakan profesional di bidangnya masing-masing, Razzie Awards membutuhkan bantuan sekitar 600an lebih warga Amerika yang memilih langsung pemenang beberapa kategori lewat hasil voting. Dan wajar saja jika tak banyak selebritis yang hadir untuk memeriahkan acara ini, karena sejatinya kebanyakan dari mereka tak mengakui hasil dari perhelatan Razzie Awards.

Namun ada segelintir seleb yang dengan besar hati menerima penghargaan atas akting buruk mereka. Sebut saja Halle Barry yang menerima penghargaan sebagai Aktris Terburuk tahun 2005. Ia juga tak canggung menggenggam piala Razzie Awards kala itu bersamaan dengan Piala Oscar yang juga ia dapat di tahun yang sama. Nama lain adalah Sandra Bullock, yang menghadiri sekaligus menerima penghargaan sebagai Aktris Terburuk pada tahun 2010.

Bagaimana pun juga, meski menuai kontroversi karena banyak juga penggemar film dunia yang mengecam dan tak mengakui, Golden Raspberry Awards 2015 tetap akan digelar pada 21 Februari 2015 mendatang (tepat satu hari sebelum Academy Awards digelar) di Teater Montalban Hollywood.






Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *