Main Menu

Ternyata Ini Perbedaan Golden Globe Awards Dan Academy Awards

Piala Globe melatari Miss Golden Globe Greer Grammer

Amawana.com – Di antara banyak ajang penghargaan bagi sineas perfilman tingkat dunia, Golden Globe Awards dan Academy Awards kerap disebut sebagai dua yang terbaik. Banyak yang menilai jika Golden Globe Awards lebih mengedepankan unsur artistik meski Academy Awards lebih mengagungkan sisi komersil. Benarkah demikian? Nyatanya, kedua perhelatan ini memang memiliki beberapa perbedaan mendasar.

Piala Globe melatari Miss Golden Globe Greer Grammer

Piala Globe melatari Miss Golden Globe Greer Grammer

Tim Juri

Piala penghargaan Golden Globe Awards dianugerahkan kepada pemenang setelah penilaian ketat yang dilakukan oleh sekitar 90 anggota Hollywood Foreign Press Association (HFPA). Selain elit, siapa saja para anggota tersebut juga misterius dan tidak banyak diketahui khalayak ramai.

Di sisi lain, Piala Oscar dari Academy Awards diberikan bagi insan perfilman setelah ditentukan oleh tim juri yang terdiri dari anggota Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS) yang berjumlah jauh lebih banyak, sekitar enam ribuan orang.

Layar Lebar vs Layar Kaca

Golden Globe Awards tak hanya memberikan penghargaan pada sineas yang bekerja untuk film layar lebar saja,namun juga insan pertelevisian. Panitia Globe menyadari betul jika banyak orang di luar sana yang masih gemar menonton acara televisi, oleh karenanya mereka juga menghargai jerih payah para insan layar kaca.

Berbeda dengan Golden Globe, Piala Oscar hanya diberikan pada mereka yang berkecimpung di dunia perfilman layar lebar saja. Dan untuk para insan pertelevisian, tanggung jawab diberikan sepenuhnya kepada panitia Emmy Awards.

Bentuk Piala

Inilah yang paling menyita perhatian para penggemar perfilman dunia. Meski sama-sama ditujukan para sineas perfilman, bentuk dari piala keduanya dinilai kurang merepresentasikan wujud perfilman. Bentuk piala keduanya pun sangat auh berbeda. Di saat Golden Globe memberikan piala berbentuk bola dunia keemasan, Academy Awards justru menghadiahi pemenangnya dengan sebuah piala berbentuk pria misterius bernama Oscar.






Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *