Inilah Pilot Pesawat Air Asia QZ8501 yang Hilang

Pilot Pesawat Air Asia QZ8501

Amawana.com – Jelang tahun baru 2015, publik Indonesia kembali dirundung duka. Kali ini, terjadi musibah berupa hilangnya kontak pesawat komersil AirAsia QZ8501. Pesawat tersebut terbang dari Bandara Juanda, Surabaya untuk menuju Bandara Changi, Singapura, Minggu (28/12/14).

Belakangan diketahui bahwa pesawat tersebut dipiloti oleh Kapten Iriyanto. Sosok sang kapten sedikit digambarkan oleh Bambang Soelistyo yang merupakan Kepala Basarnas. Bambang mengaku cukup kenal dengan Kapten Iriyanto.

Pilot Pesawat Air Asia QZ8501

Pilot Pesawat Air Asia QZ8501

Seperti diberitakan Liputan6, Bambang menyatakan bahwa Iriyanto adalah orang yang baik dan juga profesional dalam menjalankan tugas. Iriyanto adalah seorang pilot dengan jam terbang tinggi asal Yogyakarta.

[quote_box_center]”Jam terbangnya sudah banyak. Orangnya smart, orangnyafriendly (bersahabat) itu. Iriyanto orang Yogya,” kata Bambang Soelistyo di kantor Basarnas, Jakarta, Minggu (28/12/2014).[/quote_box_center]

Bambang sendiri sebenarnya enggan berkomentar lebih jauh mengingat ia sendiri masih tidak percaya bahwa pesawat yang hilang kontak tersebut dipiloti oleh Iriyanto yang ia kenal.

[quote_box_center]”Tapi bener nggak itu Iriyanto. Jangan-jangan bukan yang saya kenal. Pilot Iriyanto itu dulu pernah di Angkatan Udara. Kenalnya sejak masuk TNI AU dulu. Ya itu tadi, ya jam terbangnya sudah banyak sekali. Baik orangnya,” ungkap Bambang.[/quote_box_center]

Pesawat AirAsia QZ8501 diketahui bertipe Airbus A320-200-PK-AXC. Terbang dari Bandara Juanda dengan Kapten Irianto serta Remi Emmanuel, dan 4 awak kabin yaitu Wanti Setiawati, Khairunisa Haidar Fauzi, Oscar Desano, Wismoyo Ari Prambudi, dan seorang teknisi Saiful Rakhmad.

Jumlah penumpang ada 155 orang dengan 1 bayi serta 16 anak-anak, dan sisanya 138 orang dewasa. Penumpang pesawat terdiri dari mayoritas warga Indonesia. Menurut informasi, hanya ada enam warga asing dalam penerbangan tersebut yaitu 1 WN Inggris, 1 WN Malaysia, 1 WN Singapura, dan 3 lainnya WN Korea Selatan.






Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *