Main Menu

Penenggalaman Kapal Asing : Jangan Main-Main Dengan Indonesia

Jokowi Jangan Main-Main dengan Indonesia
Jokowi Jangan Main-Main dengan Indonesia

Jokowi Jangan Main-Main dengan Indonesia

Amawana.com – Beberapa kapal asing yang kedapatan mencuri di wilayah perairan Indonesia telah ditenggelamkan. Terakhir, 3 kapal yang diketahui milik warga Vietnam ditenggelamkan oleh Pemerintah Indonesia untuk memberi efek jera bagi para pencuri ikan di Indonesia. Mengenai hal ini, Presiden Indonesia Joko Widodo menegaskan bahwa perintah tersebut tidak melanggar hukum internasional.

Seperti diberitakan Republika Sabtu, (6/12/14) Jokowi menyampaikan hal tersebut pada acara pembukaan Silaturahmi Kinerja Nasional (Silaknas) Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) yang bertempat di Universitas Negeri Gorontalo kemarin, Jum’at (5/12/14).

“Saya sudah cek hukum internasional, nggak masalah kok. nelayan kita juga digituin” kata Jokowi.

Selain mengatakan hal tersebut, mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga mengungkapkan bahwa perintah penenggelaman kapal-kapal pencuri asing itu demi membangkitkan rasa percaya diri dan bangga untuk bangsa Indonesia.

“Kita negara besar, jangan main-main dengan Indonesia. Kesan seperti itu harus sampai pada negara-negara lain,” katanya.

Berulang kali, Menteri Susi Pudjiastuti dan pihak-pihak terkait juga mendukung langkah pemerintah untuk memberikan hukuman bagi para pencuri asing yang mengeruk kekayaan alam Indonesia di laut. Jokowi menambahkan, dalam satu hari ada sekitar 5.400 kapal yang ada di perairan Indonesia, dengan 90 % diantaranya merupakan kapal ilegal alias tak memiliki izin resmi.

” Saya sudah perintahkan, tenggelamkan kapal pencurian. panglima tertinggi yang memerintahkan. Saya tunggu-tunggu nggak ada yang ditenggelamkan. Apa saya sendiri yang harus terjun langsung” ucap sang Presiden asal Solo tersebut.

Perintah ini juga untuk menunjukan bahwa kali ini Indonesia tidak main-main dalam menghadapi para pencuri asing yang menyebabkan kerugian kurang lebih sebesar 300 triliun rupiah per tahun akibat mengambil ikan-ikan di Indonesia tanpa izin.






Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *