Tidak Ada Lagi Aplikasi “FREE” di App Store

Get App Store
Get App Store

Get App Store

Amawana.com – Kaget dengan judulnya? Jangan khawatir, berita ini tidak menyatakan kalau AppStore tidak lagi menyediakan aplikasi gratis, melainkan hanya mengganti istilahnya saja. Ya, saat mencoba untuk men-download aplikasi seperti Clash of Clans, LINE Pokopang atau Candy Crush Saga dari iOS App Store, aka nada sesuatu yang berbeda dari biasanya. Tidak akan lagi ditemukan kata-kata “FREE”. Aplikasi tersebut masih gratis alias free-of-charge, setidaknya untuk didownload dan dimainkan pertama kali.

Sebuah kritik pedas telah menyerang skema bisnis free-to-play atau yang biasa disebut dengan istilah freemium. Dan Apple menyikapinya dengan mengubah istilah “FREE” menjadi “GET” untuk semua aplikasi yang memang gratis untuk didownload. Seorang juru bicara perushaan Apple telah mengkonfirmasi jika perubahan ini akan terjadi secara masal di seluruh dunia.

Free-to-play adalah sebuah model bisnis yang dominan di toko-toko aplikasi smartphone, yang mewakili 92% dari total pendapatan iOS AppStore dan 98% pada Google Play tahun 2013. Tetapi para kritikus mengatakan jika permainan free-to-play game dapat dirancang untuk merugikan para penikmatnya dengan memanipulasi pemain untuk membayar untuk sesuatu hal yang tidak perlu. Klaim ini telah mendapatkan perhatian khusus pemerintah, terutama disini perlindungan konsumen.

Label “GET” memang tidak bisa merubah kenyataan tersebut, tapi setidaknya akan merubah ekspektasi pelanggan akan apa yang ia dapatkan saat mengunduh suatu aplikasi. Wakil Presiden App Annie, Marcos Sanchez mengatakan bahwa ia tidak yakin perubahan label “FREE” menjadi “GET” tidak akan merubah kebiasaan konsumerisme. Tetapi ia meyakini bahwa beberapa perubahan dapat memberi hasil positif.

Pendapatan permainan free-to-play sebagian besar didapatkan dari para whales. Sebutan untuk mereka yang rela merogoh kocek dalam-dalam hanya untuk mendapatkan pengalaman berbeda saat bermain game dengan membeli banyak item yang disediakan developer.






Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *