Asam Urat di Usia Muda? Ini Penyebabnya

Asam Urat di Usia Muda? Ini Penyebabnya
Asam Urat di Usia Muda? Ini Penyebabnya

ilustrasi

Amawana.Com, Kesehatan – Bila anda sering nyeri pada persendian hal tersebut patut diwaspadai, terlebih bila usia anda sudah memasuki usia lanjut. Pasalnya, rasa nyeri yang kerap kali terjadi pada persendian adalah ciri – ciri dari penyakit asam urat. Sebelumnya, asam urat sendiri seringkali di identikan sebagai penyakit yang hanya diderita oleh orang yang sudah tua, namun belakangan mulai banyak orang berusia muda yang mengalami sakit tersebut.

Perlu diketahui, asam urat dapat disebabkan oleh zat hasil metabolisme purin dalam tubuh yang terus menumpuk dan susah dikeluarkan oleh ginjal melalui saluran kencing. Jika dibiarkan, asam urat bisa berakibat patal hingga menyebabkan penyakit kencing batu karena adanya penyumbatan purin yang telah mengkristal.

Kembali ke topik utama, asam urat di usia muda bukanlah hal yang tidak mungkin. Terutama bagi anda yang sering pergi ke gym dan mengkonsumsi suplemen khusus, sebab suplemen khusus untuk gym yang kita konsumsi memiliki efek tidak langsung bagi tubuh manusia yang bisa menyebabkan asam urat bila dikonsumsi secara berkelanjutan.

Selain karena faktor obat – obatan , asam urat juga dapat dipicu karena kesehatan ginjal yang kurang baik sehingga tidak dapat maksimal mengeluarkan purin di dalam tubuh, sehngga purin tersebut menggumpal pada persendian dan akhirnya mulai mengkristal. Oleh sebab itu, untuk menghindari asam urat anda juga harus memperhatikan kesehatan ginjal anda.

Kesimpulannya, terkena asam urat di usia muda memang jarang sekali terjadi. Namun bukan berarti tidak mungkin anda dapat terkena asam urat walau usia anda mash muda, karena hal itu bergantung pada pola hidup sehat yang anda lakukan.






Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *